Penyebab Bayi Kurang Berat Badan Yang Harus Diketahui

Penyebab Bayi Kurang Berat Badan - Ingingemuk.com,- Bagi orang tua memiliki bayi dengan berat badan yang kurang apalagi kurus dan tidak normal seperti anak lain yang seusianya pasti akan sangat khawatir. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Bayi Kurang Berat Badan, diantaranya kekurangan gizi, faktor keturunan dan terkena penyakit. Untuk itu jika andak anda memiliki berat badan yang kurang jangan dulu khawatir, coba periksa riwayat kesehatan bayi dan keluarga. Untuk lebih lengkapnya berikut faktor yang dapat menyebabkan bayi kurang berat badan.

penyebab bayi kurang berat badan

Penyebab Bayi Kurang Berat Badan :

  1. Faktor penyebab bayi kurang berat badan yang pertama adalah Kekurangan Gizi. Faktor penyebab yang pertama adalah kekurangan gizi. Sudah dipastikan bagi anak yang kekurangan gizi akan mengalami badan kurus apalagi bagi mereka yang mengalami kelaperan. Jika anak anda tidak mengalami kelaperan, coba perhatikan pada saat anda mengandung sembilan bulan, apakah asupan makanan anda normal dan sehat ? apapun makana yang anda makan ketika mengandung sangat mempengaruhi kesehatan dan berat bayi anda ketika lahir. Jika pada saat mengandung anda kekurangan gizi bagi si buah hati, jangan khawatir anda bisa memperbaikinya sesudah anak anda lahir.
  2. Bayi kurang makan-makanan bernutrisi bisa juga menjadi penyebab bayi kurang berat badan. Coba perhatikan makanan bayi anda apakah sudah mendapatkan asupan ASI yang baik ? sudah mengkonsumsi susu yang sehat ? dan mendapatkan beberapa vitamin khusus bayi lahir. Anda jangan bermimpi punya bayi yang sehat dan berbadan gemuk jika bayi anda makan setiap harinya terbatas.
  3. Faktor keturunan. Faktor penyebab bayi Kurang Berat Badan yang ketiga dan sangat sering terjadi adalah karena faktor keturunan, jika sudah keturunan maka sebanyak apapun makannya anak anda maka tidak akan gemuk juga, cara yang bisa anda lakukan dengan memberikannya vitamin, susu penggemuk badan dan suntik hormon untuk merangsang pertumbuhan secara medis.
  4. Faktor penyakit. Ada berbagai penyakit yang bisa menyerang anak anda, seperti campak, polio, influenza, demam, bahkan terkena penyakit malaria. Jika anda merasa ada yang aneh terhadap berat bayi anda, bisa anda konsultasi kedokter. Anda juga bisa mengingat hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti makanan yang anda makan ketika hamil, riwayat penyakit keturunan, bahkan kebiasaan buruk suami anda seperti merokok didepan anda padahal anda sedang hamil dapat menjadi faktor penyebab bayi Kurang Berat Badan.

Perlu anda perhatikan, banyak kebiasaan orang tua yang salah seperti ingin anaknya cepat besar yang akhirnya mereka memaksa anak makan banyak, hal ini sangat fatal dan akan menyebabkan anak akan rentan mengalami penyakit gatritis (maag) ketika menginjag usia remaja. Jadi pastikan anda memberikan makan bayi dengan porsi secukupnya.

Tips untuk menambah berat badan bagi bayi, adalah dengan memberi makan sering sekali. Bagi pasangan muda memberi makan bayi sangatlah melelahkan karena bisa seharian memberi makan, ingat jangan banyak makan, tapi sering makan adalah tips bagi Bayi Kurang Berat Badan. Semoga artikel ini bermanfaat