Penyebab Kekurangan Berat Badan dan Tips Mengatasinya

Kekurangan Berat Badan Resiko dan Penyebabnya - Ingingemuk.com,- Berat badan yang ideal menjad indikator seseorang itu mempunya badan yang sehat atau tidak. Khususnya pada bayi. Pada bayi biasanya 24 minggu pertama akan mengalami pertumbuhan secara stabil, jadi jika bayi anda mengalami pertumbuhan yang lambat anda harus waspada dan hati-hati  dan segeralah menghubungi dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

kekurangan berat badan

Kekurangan Berat Badan dan Penyebabnya

Ada berbagai penyebab seseorang mengalami berat badan yang kurang, diantaranya adalah faktor asupan gizi, nutrisi, keturunan dan penyakit pada anak, memiliki metabolisme yang sangat cepat, mengalami cacingan, mengalami defisiensi nutrisi tertentu dan  mempunyai alergi makanan.

Selama tidak ada masalah yang serius hendaknya anda meningkatkan porsi dan intensitas makan agar tidak mengalami Kekurangan Berat Badan. Sebab jika anda mempunyai berat badan yang kurang akan mempengaruhi terhadap aktifitas keseharian anda, terutama bagi anda yang bekerja sebagi personal marketing seperti model, sales, pemain film, dan atlet olahraga.

Memiliki badan yang kurus sangatlah beresiko terhadap serangan penyakit dari luar. Menurut data kesehatan RI, orang yang memiliki badan kurus memiliki angka kematian lebih cepat ketimbang orang dengan badan yang gemuk, selain itu Kekurangan Berat Badan juga bisa menyebabkan rentannya terserang aneka macam penyakit. Sebab tubuh akan kekurangan energi cadangan dalam memproduksi sistem imun untuk daya tahan tubuh.

Ada beberapa tips alami untuk meningkatkan berat badan, salah satunya adalah dnegan meningkatkan asupan kalori dan lemak pada setiap makanan yang anda konsumsi. Berdasarkan Institute of Medicine, untuk memiliki berat badan idela,  pada usia 1-3 tahun memerlukan 30-40% kalori dan lemak, dan pada usia remaja bahkan dewasa lebih banyak lagi.

Tips meningkatkan berat badan dengan penambahan kalori adalah dengan cara menambahkan susu, keju dan roti pada setiap makanan, tidak mengkonsumsi terlalu tinggi makanan berserat seperti gandum utuh dan beras merah, dan terbiasa dengan makanan cemilan. Jika cara diatas tidak juga memberikan efek yang bagus, anda bisa menambah suplemen dan vitamin tambahan.

Ada banyak susu penggemuk badan yang bisa anda beli di pasaran. Dengan membeli dan mengkonsumsi produk ini, akan mendapatkan tambahan zat besi yang sangat baik untuk diserap tubuh. Namun mengkonsumsi produkni jika usaha anda dengan cara-cara alami dan normal sudah tidak membuahkan hasil.

Kekurangan Berat Badan memanglah menjadi satu faktor dalam menghambat aktifitas dan karir seseorang, untuk itu, usahakan anda menjaga berat badan tetap idel. Olahraga secara rutin dapat menjaga hal tersebut. Diantara olaharaga yang sering direkomendasikana dalah renang, jogging, senam anaerobik, angkt beban, sit up, pus up, full up dan lain sebagainya. Semoga artikel tentang Kekurangan Berat Badan ini bisa bermanfaat untuk semua, terutama bagi anda yang ingin gemuk. Penanganan pada setiap kasus berbeda jadi tidak semua cara bisa bekerja untuk semua kasus, cara yang digunakan untuk usia bayi, remaja, dewasa, wanita dan pria tentunya berbeda. Semoga bermanfaat.