Berat Badan Rendah Saat Hamil - Bahaya dan Cara Mengatasinya

Berat Badan Rendah Saat Hamil - Ingingemuk.com,- Setiap dokter pasti akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat penambah badan bagi pasiennya yang datang berkonsultasi. Biasanya penambahan berat badan yang disarankan sekitar 12 hingga 15 kg.  Berbeda dengan anda yang mengidap kelainan pola makan seperti anorexia dan bulimia, dokter akan menyarankan dan memberi rekomendasi khsusu bagi anda. Seseorang dikatakan memiliki berat badan rendah saat hamil adalah jika indeks masa tubuhnya dibawah 18,5.  Ada beberapa resiko berbahaya jika anda mengalami berat badan renda ketika hamil.

berat badan rendah saat hamil

Berat Badan Rendah Saat Hamil? Inilah Bahanya :

Bahaya memiliki berat badan rendah saat hamil sedikitnya ada lima resiko yang anda akan alami, diantaranya adalah persalinan akan sulit dan dipastikan berlangsung lama, beresiko mengalami persalinan sebelum saatnya atau lebih dikenal dengan istilah prematur, pendarahan setelah persalinan akan sering, dan menambah persentase kemungkinan anda akan bersalin secara operasi atau cessar.

Selain resiko diatas, berat badan rendah saat hamil juga akan membuat janin dan bayi terancam berbagai bahaya. Seperti bayi bisa lahir prematur dengan mengalami kelainan saraf sistem pada pusat bayi, pertumbuhan dan perkembangan bayi akan terhambat, baik ketika masih dalam kandungan ataupun nanti ketika sudah lahir perkembangannya akan lambat sekali. Bayi beresiko mati ketika dilahirkan. Atau bahkan bisa mengalami neonatal atau bayi mengalami kematian sejak masih dalam kandungan. Bayi akan mengalami cacat bawaan, beresiko mengidap anemia sejak lahir dan yang paling dikhawatirkan adalah berat badan bayi akan rendah ketika dilahirkan.

Cara Mengatasi Berat Badan Rendah Saat Hamil

Untuk mengantisipasi resiko yang sangat berbahaya diatas, anda bisa mulai dari sekarang dengan meningkatkan berat badan. Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Berat badan rendah saat hamil. Diantaranya adalah dengan cara mengatur pola makan, mengkonsumsi beraneka ragam makanan dengan porsi dan intensitas yang sering dengan porsi sedang. Menambahkan suplemen seperti zat besi, aneka macam vitamin, dan asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan anda. Selain hal tersebut ketika anda hamil  muda usahakan sedikit minum air putih, sebab mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan rasa mual dan kehilangan nafsu makan.

Jika anda sudah menjalankan tips diatas namun badan tetap kurus, mungkin anda memiliki gigi yang rusak sehingga makanan yang anda konsumsi sehari-hari tidak di kunyah dengan lembut, akhirnya lambung tidak bisa menyerap dengan benar sebab pencernaannya terganggu dengan masih kerasnya makanan yang anda konsumsi. Jika hal ini tetap dibiarkan, bukan hanya Berat badan rendah saat hamil tapi anda juga bisa mengidap penyakit jantung, diabetes, dan radang paru-paru.

Ketika anda sedang hamil, bukan hanya memperhatikan berat badan, namun juga melakukan olahraga secara rutin agar nanti posisi bayi yang anda kandung bisa mudah dan berada dalam posisi yang pas, jika anda tidak berolahraga anda akan mengalami sunsang. Sekian informasi Berat badan rendah saat hamil yang bisa kami tulis, semoga bermanfaat.